Jasa Gambar Rumah Estetik – Jika Anda termasuk orang yang memiliki model rumah impian. Namun, belum memiliki seorang yang ahli dibidangnya untuk mewujudkan keinginan tersebut.  Maka, lebih baiknya Anda memperhatikan tips dan cara dalam memilih jasa desain arsitektur berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sebab, teramat banyak orang yang salah dalam memilih penyedia jasa desain rumah yang justru mengecewakan. Sebab hasil kerja yang ditampilkan tidak sesuai dengan bayangan klien. Jika sudah demikian, tentu uang yang telah dikeluarkan akan terbuang sia-sia. Simak tipsnya berikut ini:

Tips Memilih Jasa Gambar Rumah Estetik Dengan Style Terbaik

  1. Pilihlah Kontraktor yang Tepat

Sebaiknya pilihlah jasa kontraktor yang telah berpengalaman dan memiliki review baik  dari pelanggannya. Libatkan mereka dalam memilih jasa arsitektur dan desain interior untuk calon rumah. Karena biasanya, mereka memiliki relasi agen yang luas, sehingga Anda tidak perlu mencari sendiri.

Kontraktor berpengalaman tentu memiliki jaringan dengan berbagai arsitek dan desainer interior yang berkualitas pula. Dengan demikian, Anda dapat mengutarakan ide desain yang diinginkan. Sehingga dapat memberikan rekomendasi terbaiknya.

  1. Buatlah Konsep Desain Sesuai Keinginan

Biasanya kontraktor akan merekomendasikan beberapa desainer interior yang sesuai dengan konsep desain interior yang diinginkan. Meskipun demikian, Anda jangan langsung mempercayainya. Alangkah lebih baik, jika Anda juga melakukan mini riset untuk memilah kembali siapa yang dirasa tepat.

Lihatlah beragam portofolio yang pernah dibuat oleh jasa desain tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan selera. Setelah melihat beberapa portofolio dan Anda merasa tertarik untuk menerapkannya. Anda dapat menghubungi desainer interior untuk mendiskusikan kelanjutannya.

Jika Anda masih belum memiliki referensi desainer. Maka, Langkah mudah yang dapat dilakukan yakni dengan mengamati desain bangunan di sekitar. Kemudian, menanyakan pada pemiliki bangunan kira-kira siapa yang mendesainnya.

  1. Utarakanlah Model Desain yang Diinginkan

Setelah mengetahui jasa desain yang dirasa tepat. Maka, Anda dapat melanjutkannya pada tahap selanjutnya yaitu mengutarakan model desain yang diinginkan. Anda tidak perlu khawatir jika terlalu banyak menentukan beberapa kriteria.

Karena jasa desain profesional justru semakin tertarik ketika diberi penjelasan mendetail. Semakin detail penjelasan yang diberikan, justru memudahkan desainer untuk mengetahui model yang diinginkan. Juga semakin mudah untuk mewujudkan desain impianmu.

  1. Perhatikanlah Portofolionya

Setelah mengutarakan keinginan desain. Anda dapat mencari inspirasi lainnya dari berbagai portofolio yang telah dibuat. Dengan demikian, Anda dapat memberikan penambahan atau pengurangan pada furnitur yang tidak ingin digunakan.

  1. Bertanyalah sampai Paham

Setelah yakin memilih jasa desain tersebut. Maka, Anda harus berani menanyakan berbagai hal yang mengganjal sampai memperoleh penjelasan mendetail. Tanyakanlah berbagai hal yang mendasar, sebelum terjadi kesepakatan agar Anda paham betul dengan mekanisme kerjanya.

Misalnya, Anda menanyakan terkait apakah pihak desainer pernah pula mengerjakan proyek pembangunan serupa. Lalu, kira-kira permasalahan apa yang menghambat proyek serupa. Sehingga, antara klien dengan pihak penyedia jasa dapat saling memahami.

Setelah itu, tanyakan pula apakah pihak desainer mampu mewujudkan desain yang Anda impikan. Sehingga dapat saling memperhitungkan anggaran biaya yang dibutuhkan untuk proyek tersebut.

  1. Jangan Menekan Biaya Desain Rumah

Seperti pepatah yang sering kita dengar “Ada harga, ada rupa”. Di sini menunjukkan bahwa tarif harga yang dibandrol, sesuai dengan kualitas terbaik yang akan didapatkan. Oleh karena itu, jangan menekan biaya desain rumah. Sebab, semakin tinggi harga, Anda juga diberikan fasilitas terbaiknya.

Memang tidak salah jika ingin berhemat. Maka, Anda perlu memberikan batasan yang tepat untuk menekan pengeluaran. Kemudian, melakukan survei di pasaran terkait harga jasa desain rumah.

Terbukti bahwa mencari jasa desain rumah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus cermat dan teliti untuk kesempurnaan impian rumah idaman. Setelah mengetahui tips memilih jasa desain rumah terbaik. Maka Anda perlu mengetahui cara menghitung estimasi biayanya.

Cara Cepat Menghitung Estimasi Biaya Jasa Desain

Meskipun setiap perusahaan desain memiliki tarif harga yang berbeda-beda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pihak kementerian PUPR dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) telah mengeluarkan kebijakan penetapan biaya jasa desain.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi persaingan pasar yang tidak normal. Juga mengantisipasi pihak yang memberikan harga terlalu rendah dan terlalu tinggi dari standar. Terdapat dua tipe untuk perhitungan tarif jasa desain. Pertama, berdasarkan hitungan tiap meter persegi. Kedua, berdasarkan persenan komisi maksimal 10% dari total anggaran.

  1. Menghitung Biaya Model Per Meter Persegi

Beberapa desainer memasang biaya jasa tergantung luas per meter persegi yang akan dikerjakan. Umumnya tarif yang dikenakan mulai sekitar Rp200.000 dan semakin meningkat sesuai luas yang digarap.

Patokan harga yang diberikan sesuai dengan kredibilitas desain terbaik. Sehingga, wajar jika pihak desain profesional mematok harga lebih tinggi. Sebab dalam satu proyek, desainer dapat membuat lima portofolio lengkap dengan penataan ruang, furnitur, listrik dan warna secara mendetail.

Misalnya, jika Anda ingin mendekorasi ruang dengan ukuran 20 x 10 meter. Sedangkan desainer mematok harga Rp500.000 per meter. Maka, Anda dapat mengkalikan Rp500.000 x (20m x 10m)= Rp500.000 x 200m2.

  1. Menghitung Biaya Model Prosentase

Beberapa desainer terkadang menetapkan tarif dari prosentase total biaya produksi yang telah disepakati. Umumnya jasa desain rumah akan menetapkan 2% sampai 5% dari total produksi.

Selain kredibilitas, segmentasi pasar dan ukuran ruang yang hendak dikerjakan juga menjadi penentu tingginya harga yang dibandrol. Sehingga, semakin luas ruangan yang akan didesain. Maka, semakin turun prosentase tarif yang akan diperoleh oleh desainer interior.

Misalnya, Anda hendak merenovasi rumah seluas 500 meter persegi dan membutuhkan jasa desainer. Sehingga diperoleh kesepakatan total renovasi mencapai biaya sebesar 5 miliar rupiah. Sedangkan, biaya desainer yang ditetapkan adalah 2%. Maka, 2% x 5 miliar akan diperoleh hasil 100 juta rupiah.

  1. Menghitung Biaya Gambar Desain

Ada pula desainer yang hanya mematok harga berdasarkan gambar yang telah dibuatnya. Maka, tarif yang dikenakan sesuai dengan tingkat kerumitan interior yang akan dibuat. Semakin rumit desain yang diinginkan, tentu tarifnya juga semakin besar.

Misalnya, desain ruang tamu pada rumah minimalis dan hanya diisi oleh beberapa furnitur tentunya lebih murah. Dibandingkan, harga desain ada ruang keluarga dengan banyak furnitur di dalamnya.

  1. Menghitung biaya “Design and Buid”

Desainer  interior ini selain memberikan gambar desain, juga menawarkan pengisian interior furniturnya. Biasanya mencakup pengecatan dinding, plafon, pencahayaan dan lainnya. Model inilah yang dikenal dengan istilah design and build.

Jadi seorang desainer juga turut turun tangan dalam pengisian. Sehingga perhitungannya, selain dari gambar desain juga biaya furnitur yang dikeluarkan untuk dekorasi.

  1. Perhitungan Interior Lainnya

Selain biaya desain untuk renovasi, maka harga furnitur, tenaga ahli, tarif dekoratif serta harga elektroniknya juga patut dipertimbangkan. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan furnitur khusus yang disesuaikan kebutuhan sesuai keinginanmu. Maka, harganya tentu lebih mahal dibandingkan furnitur yang telah jadi.

Setelah mengetahui tips memilih jasa gambar rumah estetik yang memuaskan dan cara menghitung estimasi biaya desain. Maka, Anda dapat segera menghubungi desainer profesional yang siap membuat rumahmu menjadi estetik. Sehingga, Anda pun semakin percaya diri dalam hadir di tengah lingkungan sosial.